Yuk Raih ! Ini Keutamaan Bulan Romadhan Beserta Dalilnya

Bulan Romadhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam (hijriyah). Dibulan Romadhan semua umat Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh, tentunya dengan aturan yang telah ditetapkan.

Romadhan juga merupakan bulan sejuta hikmah dan bulan yang penuh dengan kemuliaan. Mengapa demikian? karena di dalam bulan Romadhan terdapat banyak keutamaan – keutamaan yang tidak didapatkan pada bulan lainnya. Oleh sebab itu, sudah semestinya kita sebagai umat Islam menyambut kedatangan bulan yang sepekan lagi akan menghampiri kita dengan suka cita.

Lalu apa saja keutamaan – keutamaan yang terdapat di dalam bulan Romadhan? Berikut beberapa kautamaan yang penting untuk kita ketahui dan dipahami.

Bulan Penuh Keberkahan

Bulan Romadhan merupakan bulan yang kerap disebut dengan bulan Syahrun Mubarak. Hal ini brdasarkan dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang memiliki arti, \”Sungguh telah datang pada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian (HR. Ahmad , An-Nasal dan Al-Baihaqi).

Dari hadits Nabi di atas, sudah jelas jika bulan Romadhan merupakan bulan yang membawa keberkahan untuk semua umat Islam. Baca Juga : 20 Ucapan Mohon Maaf Menjelang Ramadhan Untuk Di Bagikan Di Sosial Media

Bulan Diturunkannya Al-Qur\’an

Romadhan merupakan bulan dimana diturunkannya kitab yang menjadi petunjuk bagi manusia, yakni Al-Qur\’an. Dengan diturunkannya Al-Qur\’an pada bulan ini, merupakan bukti nya bahwa bulan romadhan merupakan bulan yang sangat spesial dan sangat dinantikan kedatangannya.

Untuk dalil diturunkannya Al-Qur\’an pada bulan Ramadhan terdapat pada surat Al-Baqarah Ayat 185 yang artinya : (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Keutamaan bulan romadhan selanjutnya adalah dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Maksud dari kalimat tersebut adalah pada bulan romadha pintu surga dibuka, Allah membuka selapang – lapangnya amal ibadah manusia. Dan ditutupnya pintu neraka, Allah mencegah perbuatan kemaksiatan atau perbuatan dosa.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda, “Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu” [Muttafaqun ‘alaihi]

Bulan Penuh Pengampunan

Selain bulan merupakan bulan keberkahan, bulan Romadhan juga merupakan bulan penuh dengan pengampunan. Dalam hal ini Nabi Muhammad SAW bersabda, \”Sholat lima waktu, Jum\’at ke Jum\’at dan Romadhan ke Romadhan menghapuskan dosa – dosa di antara masa – masa itu selama dosa – dosa besar dijauhi\”. (HR. Muslim)

Pada bulan yang mulia ini, kita dianjurkan untuk meminta pengampunan dengan semua dosa – dosa yang telah kita lakukan. Karena pada sejatinya manusia adalah makhluk yang tidak luput dari kesalahan. Baca Juga : Contoh Pidato Tentang Keutamaan Ramadhan Terbaru

Dilipatgandakan Pahala Pada Bulan Romadhan

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. ( HR Imam Bukhari )

Dalam hadist tersebut disebutkan bahwa setiap kebaikan manusia akan di balas dengan 10 kebaikan tapi berbeda dengan ibadah yang dilakukan pada bulan Romadhan semua amalan baik menjadi tak terhingga karena langsung Allah yang membalas. Oleh sebab itu, sudah semestinya bagi umat islam untuk melakukan dan berlomba untuk melakukan amal kebaikan sebanyak mungkin.

6. Diwajibkan Berpuasa

Bulan Romadhan juga dikatakan sebagai bulan Syahru Shiyam, yang artinya pada bulan ini dari awal hingga akhir kita diwajibkan untuk menegakkan atau melaksanakan satu dari lima rukun Islam, yakni puasa di bulan Romadhan. Hal ini telah tertulis dalam Al-Qur\’an surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya, \”Bulan Romadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur\’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan – penjelasan bagi petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, barang siapa diantara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah\”.

Adanya Malam Lailatul Qodar

Adanya malam lailatu qodar juga menambah keutamaan bulan Romadhan. Lailatu qodar merupakan satu malam penting yang terjadi pada malam di bulan Romadhan, yang dalam Al-Qur\’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.  Prihal Lailalut Qadar ini telah Allah jelaskan dalam Al-Qur\’an surat Al-Qadr.

Do\’a Bulan Romadhan Mustajabah

Pada bulan Romadhan kita dianjurkan untuk memanjatkan do\’a baik itu berurusab dengan dunia maupun akhirat. Karena do\’a yang dipanjatkan pada bulan Romadhan lebih mustajabah. Hal ini ini ditegaskan oleh hadits Nabi SAW, yang artinya, \”Sesungguhny Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Romadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do\’a maka pasti dikabulkan\”.

Demikianlah beberapa keutamaan yang terdapat pada bulan Romadhan. Semoga dengan kita mengetahui keutamaan – keutamaan tersebut, bisa membuat kita lebih semangat lagi untuk menyambut bulan Romadhan dan melakukan segala amal ibadah

Check Also

Apakah Uang Dari Snack Video Itu Halal

Apakah Uang Dari Snack Video Itu Halal ?

Di artikel ini kami mengulas secara jelas apakah uang dari snack video itu halal atau haram ? silahkan simak ulasan lengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *