Contoh SK Karang Taruna Desa Terbaru

Karang taruna merupakan wadah sosial kemasyarakatan yang ada di desa dimana anggotanya adalah terdiri dari kalangan muda yang memiliki kesadaran untuk ikut andil dalam membangun desa. Untuk bisa bekerja dan terwadahi dengan baik maka kepada desa sebagai pelindung dari organisasi kemasyarakatan ini perlu membentuk struktural pengurus dan selanjutnya memberikan SK (Surat Keputusan).

Dalam Permendagri No. 5 Tahun 2007 disana telah jelaskan bahwa karang taruna ini secara fungsional berada dalam pembinaan Departemen Sosial. Ada banyak manfaat bagi di desa jika karang taruna ini bentuk dan dibina dengan baik. Diantaranya :

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Belum Menikah Dari Kelurahan

  1. Mencegah timbulnya masalah sosial di kalangan anak anak muda dengan kegiatan yang positif.
  2. Menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab kalangan anak muda desa untuk ikut andil dalam pembangunan desa. 
  3. Menciptakan generasi genasi emas desa nantinya
  4. Menciptakan usaha ekonomi kreatif desa
  5. Memelihara semangat dan kekompakan kalangan anak muda desa untuk kemajuan desa.
  6. Membangun jiwa kreatifitas anak muda
  7. Dll.
Beberapa desa yang sudah maju telah memberdayakan karang taruna ini dengan baik. Misalkan karang taruna Dipo Ratna Muda, Desa Gowasari, Panjangan, Bantul dimana karang taruna disana merupakan salah satu karang taruna terbaik yang ada di Indonesia pada tahun 2016 kemaren. Dengan prestasinya pemuda pemuda di desa ini telah mampu bersenergi dengan masyarakat dan memajukan desa.
Ini sebagai salah satu contoh saja. Oleh karenanya perlu kesadaran utamanya kepada desa untuk membentuk dan mewadahi dengan baik kemudian berilah pelatihan pelatihan kepada mereka agar tumbuh menjadi generasi kreatif dan mandiri. Mengenai tentang anggaran karang taruna desa bisa mengalokasikan dari dana desa yang begitu banyak. Dana desa tidak hanya digunakan untuk membangun infrastruktur desa saja namun juga untuk membangun sumber daya manusianya juga termasuk pemuda pemuda yang ada di desa.
Nah pada artikel ini kami telah memberikan contoh SK karang taruna yang bisa anda download. Kami telah mediakan dua bentuk format yaitu PDF dan MS Word (Doc) Silahkan klik link di bawah untuk mendownload.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *