Cara Setting BIOS Asus Booting Flashdisk Untuk Install Ulang

Cara Setting BIOS Asus Booting Flashdisk Untuk Install Ulang - Install ulang merupakan istilah memasang ulang sistem oprasi yang ada di komputer atau laptop. Biasanya ini dilakukan jika komputer bermasalah karena masalah virus, banyak program yang tidak bisa bekerja dengan baik atau hanya mengganti sistem operasi yang digunakan.

Cara Setting BIOS Asus Booting Flashdisk Untuk Install Ulang


Untuk melakukan install ulang harus memiliki ISO windows asli yang nantinya akan dibuat bootable melalui CD/DVD atau Flashdisk. Namun saat ini dalam melakukan install ulang jarang sekali yang menggunakan CD/DVD semuanya sudah beralih ke flashdisk karena lebih mudah dalam menggunakannya dan instalan yang udah dibuat juga bisa di hapus kapan saja.

Untuk menjadikan flashdisk bootable dan terbaca oleh windows maka ada tekniknya tidak bisa hanya mengcopy ISO sistem operasi ke dalam flashdisk begitu saja karena instalan tidak akan bootable tidak akan masuk ke dalam booting windows pertama kali. Demikian juga dalam settingan BIOSnya harus bisa boot dari flashdisk.

Ini berlaku untuk semua jenis merek laptop baik Asus, Toshiba, Lenovo, Acer dan sebagainya. Dan juga untuk semua jenis windows apakah itu windows 7, 8.1 dan 10 atau menggunakan operating System lain seperti linux dan sebagainya.

Cara Setting BIOS Asus Booting Flashdisk Untuk Install Ulang


Pada tutorial kali ini kami akan memberikan panduan untuk melakukan setting BIOS pada laptop Asus. Silahkan ikuti pandduannya jika Anda ingin melakukan install ulang dengan menggunakan Flashdisk. Berikut langkah langkahnya.

Masuk BIOS Laptop Asus


Untuk masuk BIOS di Laptop Asus caraya sangat mudah yaitu dengan menekan F2 ketika laptop di hidupkan pertama kali. Sedangkan untuk Asus PC biasanya menggunakan tombol DEL. Silahkan ditekan ketika pertama kali PC dihidupkan.

Cara Setting BIOS Asus Booting Flashdisk Untuk Install Ulang


Untuk selanjutnya ketika Anda sudah berada di depan tampilan BIOS Asus maka yang perlu disetting hanya pada bagian menu tab BOOT aja. Pada bagian BOOT inilah kita bisa mengatur agar window membaca flashdisk terlebih saat booting. Biasanya di menu BOOT ini kita bisa mengatur  prioritas Boot pertama apakah dari Hardsik, dari CD/DVD Room atau dari USB.

Untuk melakukan Settingan booting flashdisk silahkan anda perhatikan pada settingan Boot Option Priorities pada bagian Boot Option #1 silahkan enter pada menu device yang ada disampingnya apakan muncul Flashdisk biasanya namanya langsun nama merek flashdisknya karena saya menggunaakan flashdisk Kingston maka akan muncul KingstonDataTraveler.



Jika tidak ada maka untuk merubah agar bisa Boot adalah dibagian Hard Drive BBS Priorities silahkan pilih dan Enter maka pada Boot Options #1 silahkan pilih Flashdisk Anda dan enter kembali
kemudian langsung saja klik F10 Pada keyoard untuk menyimpan hasil settingan.



Komputer akan merstart sendiri dan anda tinggal membiarkan saja. Jika Bootible windows yang bisa berjalan dengan baik maka laptop akan booting dari flashdisk dan akan muncul instalasi windows. Selanjutnya tinggal Anda install seperti biasanya.

Jika anda belum silahkan Anda lihat video singkat di bawah.



Akhir Kata


Demikianlah ara melakukan setting BIOS Asus booting dari flashisk. Semoga panduan singkat ini bermanfaat. Kesimpulannya dalam melakukan settingan ini anda perlu tau adalah pertama membuat bootable windows menggunakan flashdisk. Yang kedua bisa masuk BIOS, dan yang ketiga bisa setting bios bisa booting dari flashdisk. Jika menguasai ketiganya maka bisa dipastikan Anda akan bisa install ulang. Ini berlaku untuk semua merk laptop dan semua sistem operasi.
LihatTutupKomentar
Cancel