Minggu, 30 Desember 2018

5 Cara Mengubah Ukuran (Rezise) File PDF Sesuai Dengan Keinginan

5 Cara Mengubah Ukuran (Rezise) File PDF Sesuai Dengan Keinginan

Saat ini banyak sekali lamaran pekerjaan yang dilakukan dengan online. Beberapa persyaratan yang dibutuhkanpun harus dikirim melalui dalam bentuk PDF. Namun terkadang file yang harus dikirim memiliki batasan tertentu sesuai dengan keinginan penyelenggara.

Jadi para pelamar mau tidak mau harus memperkecil atau Resize ukuran file PDF yang akan dikirim. Karena jika tidak sesuai dengan ukuran yang diinginkan maka file tersebut akan tertolak saat di upload. Persyaratan ini sempat menyulitkan beberapa orang yang ingin ikut mendaftar tapi minim pengetahuan tentang ini, sehingga dia harus bersusah payah mencari cara salah satunya dengan mencari orang yang bisa melakukannya.

Contoh misalnya beberapa tahun terahir pendaftaran CPNS (Calon pegawai negeri sipil) yang membuat aturan semua persyaratan yang harus dikirim dalam format PDF tidak boleh lebih dari ukuran 100kb, 200kb, 300kb.

Mungkin saat ini kita tahunya membuka file PDF saja dengan aplikasi Acrobat Reader. Yang perlu anda ketahui Acrobat Reader memiliki 2 versi yaitu yang pro (Berbayar ) dengan gratis. Yang Gratis hanya berfungsi untuk membaca file PDF saja tapi tidak bisa mengedit dan yang lainnya.

Nah anda tidak usah bingung karena pada artikel ini akan kami ajari bagaimana cara memubah ukuran file PDF sesuai dengan kebutuhan anda. Kami akan menjelaskan dengan mendetail bahkan ada pemulapun bisa melakukannya. Oke kita langsung saja kepada caranya.

Cara mengecilkan file PDF ini kami sediakan dalam bentuk dua pembahasan yaitu secara online maupun offline. Terserah kepada anda mau menginginkan yang mana yang paling anggap mudah. Yang terpenting adalah file yang kita perkecil ukurannya tidak mengurangi kualitas dari file yang kita kompres.

Mengecilkan File PDF Secara Online.


Yang perlu kami sampaikan mungkin saja file yang kita ubah ukurannya belum sesuai dengan keingin anda. Anda bisa mengulanginya kembali. Hingga ukuran sesuai dengan ukuran yang anda harapkan. File yang akan kami jadikan contoh adalah sertifkat yang sudah kami rubah dalam bentuk PDF dengan ukuran file 437 kb.

1. PDF Resizer


Sebenarnya banyak sekali website penyedia untuk mengubah ukuran file PDF ke berbagai ukuran salah satu yang terbaik adalah PDF Resizer, caranya sangat mudah hanya dengan beberapa kali klik file PDF yang sudah dirubah dalam ukuran sesuai dengan keinginan ada.

PDF Resizer tidak hanya menyediakan mengubah ukuran saja tapi beberapa menu lainnya juga tersedia yaitu, menggabungkan file PDF, memotong, memecah memutar dan sebagainya. Ini cocok buat anda yang ingin melakukan banyak hal hanya dengan menggunkan 1 website ini saja.

Pada website ini kita bisa memilih kualitas file PDF hasil kompres sesuai dengan keinginan kita. Ada 72dpi, 150dpi, 300dpi dan lebih dari 300dpi. Setelah memilih kualitasnya selanjutnya anda tinggal download hasilnya. Dengan menggunakan website ini ukuran PDF 437 kb menjadi 102 kb hampir 300% dengan kualitas yang sama baiknya dengan file asalnya.

Jika ingin melakukannya secara online ikuti langkah berikut.

Hubungkan perangkat anda ke internet setelah itu akses pdfresizer.com setelah halamannya tampil silahkan upload file PDF anda dengan mengklik Choose Files..selanjutnya klik upload files


Setelah mengupload maka anda akan diarahkan kepada halaman untuk memilih kualitas file PDF output yang anda inginkan, memang anda tidak bisa menentukan ukurannya tapi website ini akan mengubah ukuran file PDF anda yang besar menjadi kecil. Jika hasilnya belum sesuai dengan ukuran yang anda inginkan ulangi kembali dengan mengapload file PDF yang sudah anda kecilkan. Setelah anda memilih kualitasnya klik Looks Good, Do The Magict

Baca Juga : Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Sudah Membaca Pesan Kita Di Group Whatsapp



Maka anda akan muncul link download di samping halaman diatas. Nah anda tinggal mendowloadnya :


2. Small PDF


Small PDF juga bisa menjadi pilihan anda, website ini sangat lengkap untuk semua masalah PDF anda. Tidak hanya mengubah ukuran saja tapi juga memberikan solusi mengubah file PDF menjadi beberapa format file terutama file Office baik itu word, excel powerpoint dan sebagainya.

Dari segi tampilan Small PDF juga sangat mudah dioprasikan, semua menu berada di halaman utama, pengunjung tinggal memilih menu mana yang diinginkan. Lalu bagaimana kemapuan Small PDF dalam memperkecil ukuran file PDF?

Small PDF dengan PDF Resizer sama baiknya, hanya saja setelah saya uji coba dengan file PDF yang sama ternyata hasilnya filenya lebih besar dari hasil PDF Resizer yaitu 171kb dengan kualitas yang sama dengan aslinya.

Cara menggunakannya cukup mudah, silahkan pilih menu mengopres PDF, lalu pilih file PDFnya maka secara otomatis jika filenya sudah selesai diproses maka akan di arahkan ke menu download.

Nah bagaimana mudah bukan?, jadi anda sudah tidak perlu bingung lagi, cara memperkecil ukuran file PDF ini sangat mudah dilakukan. Sebenarnya masih banyak sekali website penyedia hal semacam ini hanya saja tidak kami sebutkan semuanya.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Secara Offline


Selain dengan cara online anda juga bisa mengubah ukuran file PDF anda. Cara ini lebih efisien dibanding dengan cara online karena anda tidak perlu terhubung dengan internet, hanya saja memerlukan ruang hardisk. Dan kapasitas yang diperlukanpun tidak begitu besar karena rata rata ukuran filenya kecil.

3. Dengan Menggunakan Microsoft Office


Cara pertama dengan mode offline yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada didalam laptop anda.yaitu Microsoft Office word. Caranya cukup simple yaitu dengan mengklik menu file pada menu bar dan pilih save PDF, hanya saja cara ini tersedia untuk Microsoft Word 2013, jika anda pengguna MS Office word 2007 dan 2010 silahkan anda download add-in yang sudah disediakan oleh Microsoft atau bisa anda download di link ini 

Setelah anda install maka add-in ini akan masuk ke MS Office anda. dan silahkan simpan file word anda ke PDF, lalu pilihlah Minimum Size dan klik Save. Maka file word anda akan tersimpan ke file PDF dengan ukuran yang kecil. Hasil uji coba terhadap file yang sama ukurannya menadi 126kb. Ini merupakan praktek dari Office Word 2007 jika anda pengguna diatasnya caranya sama saja.



Baca Juga : Cara Stop Download Otomatis Foto, Video dan Audio di Whatsapp

4. Menggunakan Aplikasi Editing File PDF Berbayar



Selanjutnya cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi aplikasi berbayar yang memang khusus untuk melakukan editing terhadap file PDF. seperti Nitro PDF, Acrobat Reader Pro dan masih banyak yang lainnya. Namun yang biasa saya gunakan adalah Nitro PDF karena hasil dari beberapa editing terhadap file PDF hasilnya sangat bagus termasuk hasil konvert ke beberapa file Office.

Untuk mengubah ukuran file PDF dengan Nitro PDF caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan Nitro PDF 9 maupun 10. Caranya cukup mudah silahkan anda buka file PDF anda dengan aplikasi ini kemudian anda Save As lalu pada bagian Name pilih Nitro PDF Ceator 2. Lalu pada bagian Coversion Quality silahkan anda pilih Web Ready (Small File Size)




5. Menggunakan Aplikasi Editing PDF Gratis


Mengkompres PDF menjadi kecil bisa juga menggunakan aplikasi gratisan yaitu dengan Freepdfcompresor. Aplikasi ini bisa anda download dari situs resminya. Ukuran aplikasi ini sangat kecil hanya 7.3 MB bukan masalah untuk ukuran hardsik saat ini.

Walaupun aplikasi ini terbilang kecil namun kemampuannya dalam mengurangi ukuran file PDF sangatlah ampuh.Tampilannyapun sangatlah mudah bagi pengguna baru. Cukup memilih file PDFnya kemudian tentukan dimana file hasilnya akan disimpan setelah itu klik Compress.

Kesimpulan


Pilihan yang kami sediakan cukup banyak, sekarang tinggal anda pilih mana yang paling mudah dan paling anda sukai. Yang terpenting dua hal dari cara yang kami jelaskan pada artikel ini. Pertama adalah kemudian, carilah dari sekian yang sudah kami sajikan mana yang paling mudah.

Kedua, Pilihlah mana dianatara sekian cara diatas yang memiliki hasil kompres PDF paling baik. Artinya hasil output filenya sama bagus dengan file aslinya, Namun kami sudah melakukan uji coba kesemuanya dan hasilnya sama baiknya dengan file aslinya.

Untuk melihat ukuran hasilnya bisa anda klik kanan pada bagian filenya kemudian pilih properties dan lihatlah bagian Size. Demikianlah penjelasan panjang lebar tentang 5 cara mengubah ukuran file PDF semoga bermanfaat. Jika anda ingin tutorial menarik lainnya tentang komputer silahkan sering sering berkunjung ke Dshopgratis.com


EmoticonEmoticon