Mengatasi Hilangnya Ukuran Kertas Saat Memilih Printer Di Microsoft Office

Mengatasi Hilangnya Ukuran Kertas Saat Memilih Printer Di MS Office

Apakah anda pernah mengalami saat memilih perinter di Microsoft Office baik itu MS Word, MS Excel maupun yang lainnya ukuran kertasnya hilang dan hanya tinggal 2 pilihan saja yaitu ukuran Letter sama A4? Ya kemaren saya dihadapkan dengan permasalahan ini, awalnya sempat bingung juga tapi setelah berusaha menyelesaikan akhirnya ketemu juga solusinya dan ukuran kertas yang hilang muncul kembali.

Beberapa kali saya browsing di Google mencari cara bagaimana mengatasinya tapi tidak ada solusi yang saya temukan. Ada beberapa yang menyarankan untuk memilih Microsoft XPS Document yang tersedia secara default memang ukuran kertasnya muncul tapi kita tidak bisa mencetak ke printer. Dan saat memilih printer yang di tuju untuk mencetak kembali ukuran kertasnya hilang kembali.

Masalah ini terjadi pada printer Epson L350. Setelah beberapa cara saya coba gagal saya mencoba dengan printer lainnya dan ketika saya memilih ukuran kertasnya ternyata muncul, saya mengambil kesimpulan yang bermasalah bukan MS Officenya tapi yang problem adalah printernya.

Cara Mengatasi Hilangnya Ukuran Kertas Saat Memilih Printer

Ada beberapa test untuk mengetahui masalahnya. Jika printernya terlihat normal normal saja silahkan anda coba dengan komputer atau laptop lainnya, silahkan anda instal terlebih dahulu drivernya kemudian cek apakah ukuran kertasnya muncul? Dan cobalah mencetak, kalau printernya bisa mencetak normal berarti yang bermasalah adalah drivernya.

Dan ini memang yang terjadi ketika saya cek di instalasi drivernya di Control Panel > Program And Features ternyata disitu tidak ada driver Epson L350 terinstall, lalu kemudian saya menginstal drivernya kembali. Dan setelah driver selesai saya install dan saya cek ukuran kertasnya ternyata sudah muncul kembali.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Asus Langsung Masuk Bios Terus

Cara Agar Driver Yang Terinstal Tidak Hilang

Ada beberapa yang bisa menjadi penyebab hilangnya driver printer yang ada di dalam laptop atau komputer.

1. Terkena Virus

Virus komputer memiliki ribuan varian dengan berbagai macam karesteristik, ada yang hanya menggangu, mengubah extensi dan ada yang menghapus file. Nah untuk menghindari komputer dan laptop anda terserang virus gunakan antivirus yang benar benar tangguh.

2. Terhapus Tidak Sengaja

Banyak kasus hilangnya aplikasi yang ada pada komputer lantaran karena terhapus dengan tidak sengaja. Entah bagaimana, yang jelas anda harus sedikit memahami bahasa inggris karena semua intruksi yang ada menggunakan bahasa inggris, jangan hanya asal klik yes aja. Jika benar tidak memahami instruksi bahasa inggris anda bisa merubahnya kedalam bahasa yang anda mengerti seperti bahasa Indonesia.

Baca Juga : 5 Printer Paling Awet Dan Bagus Untuk Usaha Terbukti Tahan Banting !

Peringatan saya jangan pernah otak atik apa yang ada di dalam system yang terdapat pada drive C, baik itu cuma merapikan saja karena address aplikasi sudah terecord semua oleh windows jika anda merubahnya bisa saja ada masalah yang timbul pada operating system anda.

Nah itulah solusi pengalaman saya mengatasi ukuran kertas pada MS Office yang hilang dan cara diatas benar benar work 100% karena sudah melui uji coba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *