Skip to main content

8 Tanda - Tanda Tubuh Kelebihan Gula Darah Yang Perlu Diwaspadai

Glukosa atau gula darah merupakan sumber energi yang didapatkan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Gula juga baik dikonsumsi saat tubuh kelelahan dan lemas. Dengan mengkonsumsi gula, tubuh akan mendapatkan energi dengan cepat. Gula juga dipercaya dapat meningkatka fungsi otak. Meski nyatanya gula diperlukan oleh tubuh, namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dan anda harus waspada dengan efek jangka panjang yang akan ditimbulkan.

8 Tanda - Tanda Tubuh Kelebihan Gula Darah Yang Perlu Di Waspadai

Batas konsumsi gula per orang dalam satu hari adalah 50 gram gula atau setara dengan 5 - 9 sendok teh. Kelebihan dalam mengkonsumsi gula akan mengakibatkan beberapa penyakit,  seperti diabetes, penyakit jantung, hiperglikemia, kerusakan gigi, dan tekanan darah tinggi. Tidak hanya gula, kelebihan mengkonsumsi garam juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, sebelum menimbulkan penyakit yang serius, yang diakibatkan karena terlalu banyaknya mengkonsumsi gula, sangat penting untuk mengetahui tanda - tanda kelebihan gula. Dengan demikian kita lebih introspeksi dan mengurangi kadar gula yang kita konsumsi.

Tanda - tanda tubuh kelebihan gula bisanya tubuh mudah lelah dan otak tidak bekerja dengan baik. Selain itu, terdapat lagi tanda - tanda lain tubuh kelebihan gula. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sebelum akhirnya kita benar - benar mengalami pada kondisi yang lebih parah, sebaiknya cegah dari sekarang. Berikut di bawah ini merupakan tanda - tanda tubuh kelebihan gula yang perlu diwaspadai.

1. Sering Merasa Haus


Tanda pertama yang dirasakan oleh orang yang kelebihan gula adalah sering merasa haus. Orang yang kelebihan mengkonsumsi gula, akan mengalami gangguan pada ginjal. Fungsi ginjal akan terganggu sesaat setelah tubuh tidak lagi mengendalikan gula darah dalam tubuh. Cairan yang seharusnya diserap kembali oleh ginjal , justru keluar bersamaan dengan gula. Sehingga akan merasakan haus meski sudah minum dengan jumlah banyak.

2. Kenaikan Berat Badan


Salah satu penyebab dari kenaikan berat badan (obesitas) adalah karena mengalami kelebihan gula darah. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk rutin mengecek gula darah. Gula darah tinggi 300 atau gula darah tinggi 400 biasanya baru diketahui setelah melakukan pengecekan. Terlepas dari itu, jika berat badan anda terus mengalami peningkatan, bisa jadi disebabkan karena kelebihan gula darah. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka akan mengalami diabetes miletus dan gangguan jantung.

3. Selalu Merasa Lapar


Ciri - ciri berikutnya adalah selalu merasa lapar. Orang yang kelebihan gula darah nafsu makannya lebih meningat dari orang biasa. Sekalipun pada nyatanya sudah banyak mengkonsumsi makanan, namun selalu merasakan lapar dan ingin mengemil.

4. Penglihatan Kabur


Kelebihan gula darah tidak hanya menggangu terhadap kesehatan organ dalam tubuh, namun juga mengganggu sistem panca indera, yakni mata. Tingginya gula, tidak mampu didistribusikan dengan baik. Akibatnya penglihatan menjadi kabur dan tidak jelas.

Baca Juga : 7 Dampak Negatif Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Bagi Tubuh

5. Perubahan Mood


Perubahan mood juga disebabkan oleh kelebihan gula darah dalam tubuh. Mood akan cepat berubah - ubah, lebih sering marah - marah tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini disebabkan karena gula darah naik lalu turun dengan cepat.

6. Cepat Lelah dan Sulit Berkonsentrasi


Gula memang menjadi sumber energi dalam tubuh, selama itu jumlahnya wajar. Sebaliknya jika mengkonsumsinya secara berlebihan justru akan merusak kerja insulin, sehingga tidak dapat mengubahnya menjadi energi. Otak hanya membutuhkan 25% glukosa dari totak kebutuhan tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Saat kita mengkonsumsi gula berlebihan dan tidak dapat menjadi energi sebagaimana mestinya, maka akan berdampak pada otak, dan tubuh pun akan cepat lelah.

7. Gigi Berlubang


Mengkonsumsi gula berlebih akan memengaruhi pH dan membuang ekosistem alam. Efek lainnya adalah seharusnya air liur bisa menjaga keseimbangan bakteri, tidak dapat bekerha sebagaimana mestinya. Kondisi ini memberikan bakteri kesempatan untuk berkembang biak dan menyebabkan gigi berlubang.

Baca Juga : Perut Buncit Dan Keras ? Bisa Saja Anda Terkena Penyakit Ini !

8. Muncul Masalah Jerawat


Selai menyebabkan penyakit pada organ tubuh bagian dalam da panca indera, kelebihan mengkonsumsi gula juga mengakibatkan gangguan keseimabangan hormon yang mengakibatkan munculnya masalah jerawat. Hal ini disebabkan karena meningkatkan produksi minyak alami di wajah. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka akan memunculkan jerawat.

Cara mengatasi darah tinggi atau penyakit lain yang ditimbulkan oleh kelebihan gula darah yaitu dengan tidak mengkonsumsi makanan penyebab dari penyakit tersebut, yang pastinya makanan dan minuman yang banyak mengandung gula.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar