Daftar Nama Desa Di Dua Kecamatan Pulau Bawean

Secara geografis pulau Bawean terletak di laut jawa, kurang lebih 80 mil atau sekitar 120 km berada di utara Gresik. Secara administratif pulau kecil ini masuk dalam kabupaten Gresik. Sebelumnya sebelum kabupaten Gresik pada tahun 1974 pulau Bawean masuk dalam administrasi kabupaten Surabaya. Namun dari segi bahasa dan budaya masyarakat pulau Bawean jauh dari budaya masyarakat Gresik bahkan lebih mirip dangan budaya masyarakat Madura.

Daftar Nama Desa Di Dua Kecamatan Pulau Bawean

Karena lingkupnya yang kecil pulau Bawean hanya terdiri dari dua kecamatan yaitu kecamatan Sangkapura dan Tambak yang membagi antara belahan barat dan timur dari pulau Bawean. Setiap desa memiliki potensi masing masing dari segi budaya, sumberdaya alam dan sebagainya. Sedangkan untuk jumlah penduduk dari dua kecamatan itu dilansir dari wikipedia sebanyak 107.000 orang.

Sedangkan untuk mata pencahariannya utama dari masyarakat Bawean adalah nelayan hal ini sesuai dengan letak geografis yang berada di tengah laut. Sebagiannya berprofesi sebagai petani, guru dan banyak profesi lainnya. Namun masyarakat Bawean banyak yang menjadi pelancong keberbagai wilayah Indonesia dan Mancanegara dan biasa akan kembali ke Bawean saat momen momen tertentu seperti puasa, hari raya.

Baca Juga  : Sejarah Asal Usul Pulau Bawean Gresik

Untuk agama yang dianut masyarakat Bawean mayoritas agama Islam bahkan hampir 100 persen. Sedangkan untuk agamanya lainnya biasanya hanya pendatang saja yang terdiri dari pegawai pemerintah yang ditugaskan ke pulau Bawean atau pendatang yang ingin mengadu nasib dengan berwira usaha di pulau Bawean. Namun masyarakat Bawean tetap ramah terhadap mereka asalkan tidak berupaya menyebarkan agama dan keyakinannya di pulau ini.

Berikut Ini Daftar Nama Nama Desa Yang Ada Di Pulau Bawean

Kecamatan Sangkapura

Gresik kab

1. Desa Suwari
2. Desa Dekatagung
3. Desa Pudakit Barat
4. Desa Pudakit Timur
5. Desa Kumalasa
6. Desa Lebak
7. Desa Bululanjang
8. Desa Patarselamat
9. Desa Sungaiteluk
10. Desa Gunung Teguh
11. Desa Balikterus
12. Desa Kotakusuma
13. Desa Sawahmulya
14. Desa Sungairujing
15. Desa Daun
16. Desa Kebuntelukdalam
17. Desa Sidogedungbatu

Kecamatan Tambak

Gresik Kab

1. Desa Telukjatidawang
2. Desa Gelam
3. Desa Sukaoneng
4. Desa Kelompanggubug
5. Desa Sukalela
6. Desa Pekalongan
7. Desa Tambak
8. Desa Grejek
9. Desa Tanjungori
10. Desa Diponggo
11. Desa Paromaan
12. Desa Kepuhteluk
13. Desa Kepuhlegundi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *