Cara Mudah Dan Cepat Menurunkan Demam Pada Anak Tanpa Harus Meminum Obat

Bagi orang tua kesehatan anak adalah prioritas utama, dan baginya lebih baik dirinya yang merasakan sakit dari pada harus melihat anaknya merintih kesakitan. Tentu sebagai orang tua akan merasa sangat panik ketika anak tiba – tiba demam, apa lagi demamnya lumayan tinggi. Sebagai orang tua tentunya kita dituntun mencari cara yang cepat dan mudah untuk menurunkan demam yang dideritanya.

Cara Mudah Dan Cepat Menurunkan Demam Pada Anak Tanpa Harus Meminum Obat

Demam terjadi ketika tubuh mencoba melawan infeksi. Namun, demam harus segera diatasi karena jika dibiarkan terlalu lama justru akan membahayakan pada anak. Cara mengatasi demam pada anak tidak harus menggunakan obat – obatan atau langsung membawanya ke dokter. Para ibu dapat meredahkan demam dengan mudah dan dapat dipraktekkan dirumah.

Tips cara terbaik untuk meredakan anak pada saat Panas Atau Demam

1. Kompres

Ketika anak tiba – tiba demam langkah awal adalah cepat anak dikompres dengan menggunakan air dingin. Kompres sebaiknya diletakkan pada bagian dahi, pergelangan tangan dan betis. Ketika suhu panas pada anak sudah mulai redah ganti dengan kompres hangat.

2. Hindari pakaian tebal

Pakaian tebal akan menghambat hilangnya panas. Jadi, ketika anak mengalami demam jangan kenakan pakaian tebal pada anak, kecuali jika anak mengalami  kediginan. Tetapi saat rasa dingin suda hilang kenakan pakaian tipis pada anak agar panas tubuhnya menghilang lewat udara.

Baca Juga : Berikut Cara Yang Tepat Memberikan Buah pada Si Kecil Sesuai dengan Usia Anak agar Selalu Sehat Dan Tidak Mudah Sakit

3. Mengisi tubuh dengan cairan

Ketika sang buah hati demam minum air putih sangatlah berperan untuk menurunkan demam anak. Karena pada saat panas, keringat akan mendinginkan tubuh, tapi jika terlalu lama tubuh dalam keadaan panas maka tubuh akan membutuhkan banyak cairan. Oleh sebab itu, pada saat demam, ion dalam tubuh harus tetap tercukupi.

4. Istirahat

Cara selanujutnya adalah dengan beristirahat. Ketika anak demam biarkan dia beristirahat dan tidak melakukan aktivitas dulu. Tujuannya agar tubuh dapat melawan virus demam dengan baik.

5. Biarkan anak menghirup udara segar

Saat anak panas janganlah anak selalu berada dalam ruangan tertutup, sesekali bawalah anak untuk menghirup udara segar. Namun, pada kondisi tersebut anak tidak boleh lepas dari pengawasan kita sebagai orang tua, karena  takut terjadi sesuatu yang tidak di ingikan mengingat kondisi anak belum sepenuhnya normal.

Baca Juga : Tahukah Anda Betapa Pentingnya Sari Kurma Terhadap Pertumbuhan Anak ?

Mengapa ketika demam tidak harus buru – buru minum obat?

Tidak semua demam harus dianggap musuh, demam merupakan gejala dan bukan penyakit. Demam juga mempunyai mafaat untuk melawan infeksi dan menandai mekanisme pertahanan tubuh sedang menghalau penyakit. Oleh sebab itu, jika demam menyerang jangan terburu – buru minum obat, atasi dulu dengan cara yang alami.

Kapan demam anak harus dibawa ke dokter?

Jika demam ringan tidak membutuhkan penanganan dari dokter. namun, lain halnya jika demam tidak kunjung turun dan demam lebih dari tiga hari, tubuh semakin lemas, tidak dapat melakukan kontak mata dengan baik.maka saat itu terjadi bawalah anak ke dokter agar mendapatkan perawatan khusus.

Dan agar tubuh tidak gampang terserang demam, jagalah selalu kebersihan dengan cara mencuci tangan sebelum makan dan tidur. Selain itu, pastikan juga makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi dalam keadaan bersih, agar kuman dan bakteri tidak gampang masuk ke dalam tubuh.

Nah, demikianlah tips untuk mengatasi demam yang dapat kami sajikan. Para orang tua wajib mengetahui acara mudah ini agar tidak terlalu panik ketika anak tiba – tiba terserang demam. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *