Skip to main content

Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows 7,8, dan 10 Paling Mudah

Beritabawean.com - Aplikasi pada laptop merupkan perangkat yang sangat penting, karena dengan adanya aplikasi ini kita bisa mengelola berbagai pekerjaan kita. Namun jika kita mempunyai spek laptop yang terbatas tentu banyaknya aplikasi yang kita install bisa menimbulkan masalah pada laptop seperti ngeleg, lemot dan sebagainya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan kembali normal adalah dengan melakukan uninstall aplikasi yang sekiranya tidak terlalu kita butuhkan.

Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows 7,8, dan 10 Paling Mudah


Nah pada postingan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak anda butuhkan di laptop anda. Pada panduan ini kami telah menyertakan cara untuk melakukannya di semua versi windows baik itu window 7, 8 dan windows 10. Paparan yang kami sampaikan disini sangat mudah sekali karena kami memilih cara yang paling mudah.

Namun yang perlu anda perhatikan dalam mencopot atau melepas aplikasi dari laptop anda adalah jangan sampai dalam memilih aplikasi. Butuh kejelian karena semua aplikasi yang terinstall di laptop anda berada dalam satu tempat tersebut. Namun terkadang ada juga aplikasi yang tidak bisa di unistall dari laptop anda, untuk mengatasi persoalan ini anda bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk membuangnya.

Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop


Semua software yang ada di laptop anda sejatinya bisa anda uninstall dari laptop anda, utamanya aplikasi yang bukan bawaan windows. Seperti yang kami singgung di atas menghapus aplikasi dari latop sebenarnya ada banyak cara, namun yang akan kami bahas disini cara yang umum dilakukan orang untuk uninstall aplikasi. aplikasi yang telah dihapus dari laptop anda akan hilang secara permanen namun anda bisa memasangnya kembali jika anda membutuhkannya dikemudian hari.

Baca Juga : Cara Membuat Bootable Flashdisk Semua Versi Windows Paling Mudah

Windows 7


Jika anda menggunakan opertaing system windows 7 di laptop anda silahkan anda buka Start > Control Panel > Program and Feature silahkan anda pilih program yang akan anda hapus setelah mengklik aplikasinya maka akan muncul tombol unistall pada bagian atas dan klik unistall setelah anda konfirmasi penghapusan silahkan klik unistall. Anda bisa mengakses Control Panel dengan menggunakan CMD dengan menekan tombol Windows + R.

Setelah anda konfirmasi aplikasi anda telah dihapus maka anda bisa memastikan aplikasi tersebut telah benar benar terhapus yaitu dengan melihat di daftar aplikasi pada tampilan unistall or change program. Anda juga bisa mengeceknya di start atau icon yang ada pada desktop jika anda menampilkannya.


Windows 8 Dan Windows 10


Sebenarnya cara unistall aplikasi di windows 8 maupun windows 10 sama saja, ada dua cara untuk menghapus aplikasi di 2 versi windows ini yaitu dengan melalui Start >All Apps lalu pilih aplikasi yang ingin anda hapus lalu klik kanan maka akan muncul 3 opsi yaitu Pin To Start, Pin To Taskbar dan Unistall, silahkan anda pilih unistall. Sedangkan untuk cara yang kedua melalui Control Panel sebagaimana yang telah dijelaskan pada windows 7.

Uninstall Menggunakan Aplikasi


Membuang aplikasi yang ada pada laptop anda tidak hanya bisa dibuang dengan fitur bawaan windows saja, namun saat juga banyak aplikasi yang bisa anda menghapus aplikasi hingga ke akar akarnya. Salah satunya yang paling populer adalah Revo Uninstaller, yang merupakan aplikasi yang didesain untuk menyelesaikan berbagai permasalah membuang aplikasi dari perangkat laptop atau komputer anda. Hasilnyapun bisa lebih bersih dari hanya sekedar menghapus biasa.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar, jika anda ingin mendapatkan fitur yang penuh anda bisa membelinya. Atau jika anda tidak punya uang anda bisa menggunakan aplikasi gratis yang memiliki fungsi yang sama. Ada banyak aplikasi uninstaller yang bisa anda download dengan gratis, seperti Iobit Unistaller, Geek Unistaller, Wise Program Unistaller dan banyak yang lainnya.

Baca Juga : Cara Mematikan Komputer Atau laptop Dengan Keyboard (Paling Cepat Dan Mudah)

Nah itulah cara yang bisa anda lakukan untuk unistall aplikasi di laptop atau PC anda dengan mudah. Cara ini cocok buat anda yang belum mahir dalam menggunakan komputer.  Semoga cara ini bermanfaat buat anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar