Kamis, 07 Maret 2019

Mengenal Asam Urat, Penyebab, Dan Cara Pengobatannya

Asam urat merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, Apa sih sebenarnya asam urat itu ? Secara pengertian Asam Urat atau Gout artritis adalah radang sendi karena penumpukan dan pengendapan dari kristal asam urat pada rongga sendi.

Sebenarnya setiap manusia memiliki asam urat karena senyawa ini dproduksi oleh tubuh, selama kadarnya tidak melebihi dari batas normal maka senyawa ini tidak akan berdampak sakit pada tubuh. Namun jika kadarnya melebihi kadar normal maka senyawa ini akan menyebabkan penyakit. Berapa kadar normal asam urat pada tubuh yang normal ?

Kadar normal asam urat dalam darah, yaitu :
 a. Wanita : 2, 4-5, 7 mg/dl
 b. Pria.      : 3, 7-7 mg/dl

Kristal asam urat dapat dilihat melalui mikroskop. Proses yang mendasari hal ini adalah kadar asam urat dalam darah yang tinggi dan terjadi dalam waktu yang lama ( diatas 5 tahun) sehingga asam urat menumpuk dan mengendap pada rongga sendi.

Mengenal Asam Urat, Penyebab, Dan Cara Pengobatannya

Penyakit ini harus harus segera diobati, dan pengobatannya harus benar karena jika tidak penyakit ini bisa bertambah parah dan jangka panjangnya penyakit ini bisa menjadi penyebab rusaknya ginjal dan komplikasi penyakit lainnya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengenal asam urat dari mulai sekarang agar anda bisa mencegah terjangkit penyakit ini.

Ciri utama yang biasa dialami orang yang terkena penyakit ini adalah merasakan sakit pada sendi sendir di tubuh anda seperti sendiri pada lutut, pergelangan kaki, jempol kaki hingga telapak kaki. Jika anda merakan sakit secara tiba segera melakukan pengecekan dan lakukan pengobatan terhadapnya.

Penyebab Asam Urat


Beberapa faktor yang berpengaruh sebagai penyebab gout artritis adalah :

  1. Faktor genetik/kerurunan
  2. Adanya riwayat sakit gout artritis dalam silsilah keluarga
  3. Kelebihan mengonsumsi makanan berkadar purin tinggi, purin adalah senyawa yang akan dirombak menjadi asam urat dalam tubuh
  4. Pembangunan asam urat terhambat karena penyakit tertentu, terutama gangguan ginjal. 
  5. Penggunaan obat tertentu (seperti obat anti TBC, diuretik, salisilat).

Namun yang paling banyak menjadi penyebab asam urat yang diderita oleh seseorang adalah lantaran karena makanan makanan yang mengandung purin yang tinggi. Karena purin di dalam tubuh akan diubah menjadi asam urat. Sehingga akumulasi dari purin yang tinggi menyebabkan kadar asam urat yang tinggi.

Baca Juga : 7 Dampak Negatif Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Bagi Tubuh

Kadar purin tinggi diantaranya yaitu : Jerohan seperti otak, hati, ginjal, jantung, limpa, babat, usus, paru; kerang, ikan sarden, bebek, ekstrak, daging/kaldu, angsa, ragi; minuman yang mengandung soda dan alkohol, seperti soft drink, arak, ciur, bir.

Kadar purin sedang yaitu : daging sapi, ayam, ikan (selain yang disebutkan pada contoh makanan dengan purin tinggi), udang, tahu, tempe, bayam, asparagus, jamur, daun singkong, buncis, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kedelai, kacang polong), kangkung, kembang kol, biji dan daun melinjo, makanan yang berlemak dan penggunaan santan kental, makanan yang di goreng; teh kental atau kopi.

Kadar purin rendah yaitu : nasi, gandum, kentang, talas, ubi, singkong, jagung, roti, mie/bihun, kue kering/cake, puding, susu skim/susu rendah lemak, keju, telur, wartel, labu siam, kacang panjang, terong, pare, ketimun, labu air, selada air, lobak, tomat, selada, semua macam bumbu secukupnya, semua macam buah-buahan; semua macam minuman yang tidak beralkohol.

Apa saja gejala yang dapat dirasakan ?


Pada serangan akut, gejala timbul sangat cepat. Keluhan utama berupa nyeri, bengkak, terasa hangat, merah dapat disertau demam, menggigil dan merasa lelah. Lokasi yang paling sering terasa yaitu sekitar ibu jari kaki. Bisa jadi pada saat tidur tidak merasakan keluhan, tetapi saat bangun tidur merasakan nyeri luar biasa dan tidak dapat berjalan.

Apabila proses penyakit berlanjur, dapat terkena sendi lain yaitu pergelangan tangan atau kaki, lutut dan siku. Keluhan ini dapat berkurang dalam beberapa jam, hari, atau minggu sesuai dengan berat ringannya serangan. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka proses akan berlanjut hingga terjadi giut artritis menahun (kronis) dan akan tampak benjolan (tofus) pada sendi yang sering meradang. Tofus merupakan timbunan kristal monosodium urat di sekitar persendian.

Baca Juga : 8 Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Belum Banyak Diketahui

Cara Pengobatan Asam Urat


Pada serangan akut, pemberian obat ditujukan untuk meredakan nyeri, radang akut, dan mencegah memburuknya serangan serta efek jangka panjang (mencegah kerusakan sendi dan ginjalg. Pemberian obat perlu dikonsultasikan ke dokter. Pada gout artritis menahun (tidak saat serangan akut), pemberian obat ditujukan untuk dapat menurunkan asam urat, menurunkan risiko pembentukan tofus dan batu asa urat di saluran kemih (apabila ada). Perlu minitoring kadar asam urat, setiap 3-6 bulan menggunakan tes darah.

Penting untuk menjaga pola hidup, seperti ; memakan makanan/minuman yang rendah kadar purinnya, membatasi memakan makanan dengan kadar purin sedang, dan menghindari makanan/minuman yang mengandung kadar purin tinggi, olahraga teratur, minum air putih yang cukup, menjaga berat badan agar jangan berlebihan karena bisa membuat sendi lutut bertambah sakit saat menopang tubuh.


EmoticonEmoticon