Jumat, 05 April 2019

Cara Setting Agar Laptop Tidak Sleep Di Semua Versi Windows 7, 8, Dan 10

Beritabawean.com - Secara default settingan laptop akan sleep otomatis jika tidak digunakan dalam beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk menghemat dalam penggunaan daya pada laptop jika benar benar laptop sedang tidak digunakan . Jika ini membuat anda tidak nyaman dan ingin merubah settingannya menjadi tidak sleep anda tinggal merubahnya karena windows telah menyediakan fasilitas untuk merubahnya.

Cara Setting Agar Laptop Tidak Sleep Di Semua Versi Windows 7, 8, Dan 10

Pengaturan sleep itu penting dilakukan karena kita tidak mesti selalu stanby dalam menggunakan laptop, sesuatu waktu mungkin anda ingin pergi atau ngantuk namun anda tidak ingin menutup pekerjaan di laptop anda, jika tidak digunakan maka laptop anda akan sleep, namun jangan kawatir walaupun laptop dalam keadaan tersebut semua pekerjaaan anda tetap akan disimpan di memory sehingga anda bisa melanjutkan pekerjaan anda kembali.

Namun jika anda selalu membiarkan laptop anda menyala terus menerus dalam keadaan yang lama, mungkin karena anda sering lupa mematikan atau tertidur pulas saat mengerjakan pekerjaan anda laptop anda bisa mengalami kerusanakan. Oleh karena jika memang merubah settingan sleep tidak terlalu penting sebaiknya anda tetap membiarkannya secara default saja. Tapi Jika memang harus terpaksa melakukannya anda bisa mengikuti langkah demi langkah cara setting agar laptop tidak sleep.

Panduan ini kami menyertakan tiga tutorial untuk semua versi windows, yaitu windows 7, 8 dan 10. jadi dengan membaca tutorial ini anda sudah tidak perlu berpindah lagi karena semua sudah tersedia disini. Pada settingan ini anda bisa memilih waktu kapan laptop anda akan sleep, 5, 10, 15 atau tidak sama sekali bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda.

Baca Juga : Cara Masuk Safe Mode Paling Mudah Disemua Merk Laptop Dan Semua Versi Windows


Cara Setting Agar Laptop Tidak Sleep Di Semua Versi Windows


Semua settingan hampir sama antara semua versi windows, secara cepat dalam mengatur settingan ini anda bisa melakukan 2 cara yang semuanya sama sama untuk mengakses Power Option karena untuk mengatur settingan sleep ini ada di menu Power Option pada Control Panel:


1. Melalui Icon Power yang ada pada taskbar


Cara ini paling cepat menurut saya untuk menuju Power Option, Caranya :
1. Tinggal klik kanan pada icon Power yang menunjukkan kondisi baterai laptop anda.


2. kemudian pilih Power Option, silahkan pilih Power Plan apakah Balanced atau Power Saver, jika anda ingin benar benar menghemat daya listrik dan baterai laptop anda bisa memilih Power Saver.


3. Lalu klik Change Plan Settings
4. Edit pada bagian Turn Off The Display menjadi Never, itu artinya dengan memilih Never (Tidak Pernah) maka layar laptop anda tidak pernah mati.


2. Melalui Control Panel


Untuk mengakses kontrol panel sendiri anda bisa melalui tombol start, pada bagian kanan menu ada menu Control panel silahkan di klik dan selanjutnya pilih Power Option lalu ikuti langkah langkah berikutnya persis dengan panduan diatas melalui icon power. Anda juga bisa mengakses control panel dengan menekan kombinasi keyboard Windows + R lalu ketik "Control".

Baca Juga : Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows 7,8, dan 10 Paling Mudah

Nah setelah anda melakukan settingan diatas maka dijamin laptop anda tidak akan sleep karena display layar akan selalu menyala. Namun jika kepentingan anda sudah selesai sebaiknya setting kesemula karena jika sewaktu waktu laptop anda tidak digunakan maka akan sleep dengan sendirinya.


EmoticonEmoticon