Skip to main content

10 Makanan Penambah Berat Badan, Cocok Buat Kamu Yang Kurus

Menambah berat badan bukanlah perkara yang mudah sama sulitnya dengan menurunkannya, namun semua orang menginginkan tubuh yang ideal. tidak hanya mereka yang kurus saja tapi mereka yang gemuk juga memiliki keinginan yang sama. Tapi untuk mencapi keinginan itu mereka harus berjuang melakukan aktifitas yang bisa mewujudkan impiannya. Salah satu yang paling tepat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan efektif bisa menambah berat tubuh.

10 Makanan Penambah Berat Badan, Cocok Buat Kamu Yang Kurus

Dokter akan selalu menyarankan buat anda yang terlalu kurus untuk menambah berat badan, pasalnya badan yang kurus akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Namun anda harus tetap berhati hati jangan menggunakan berbagai penambah berat badan secara cepat dengan menggunakan obat sembarangan karena bisa saja akan menimbulkan masalah kesehatan di lain waktu.

Sebaiknya anda lebih menerapkan pola hidup sehat dan baik, anda bisa mengatur jadwal makan, jadwal olah raga dan jadwal istirahat anda. Ini akan mempengaruhi berat tubuh anda lebih baik. Anda akan merasa tubuh anda lebih gemuk dari sebelumnya. Dalam memilih makananpun tidak boleh sembarangan, pilihlah makanan yang berkalori tinggi yang bisa membangun massa otot tanpa adanya lemak buruk dan tidak sehat.

10 Makanan Penambah Berat Badan, Cocok Buat Kamu Yang Kurus


1. Susu


Susu merupakan minuman yang bisa menambah berat badan, susu memiliki kandungan lemak, karbohidrat dan protein yang semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ini sangat buat anda yang ingin membangun massa otot. Selain itu susu juga merupakan sumber vitamin yang baik dan juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk tulang anda. Lalu kapan waktu yang tepat minum susu? waktu yang tepat yaitu sebelum tidur. Menurut penelitian jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine mengatakan bahwa mengkomsumsi susu secara rutin dalam tiap hari akan menambah berat badan karena susu mengandung nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga : Sering Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji ? Awas 10 Bahaya Ini

2. Nasi Putih


Di Indonesia nasi putih menjadi menu harian orang Indonesia bahkan menjadi makanan pokok yang wajib di komsumsi dalam setiap harinya. Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang murah yang bisa menambah berat badan anda. Dalam kalkulasinya nasi yang masak akan menghasilkan 190 kalori, 43 gram karbohidrat dan sedikit lemak. Jadi dalam satu piring nasi anda akan mendapatkan jumlah karbohidrat dan kalori yang tinggi. Apalagi jika mengkonsumsi nasi putih dengan lauk dan sayur maka akan semakin menambah asupan gizi pada tubuh dan proses penggemukan badanpun akan lebih cepat.

3. Daging Merah


Daging merah merupakan mekanan pembentuk otot yang terbaik, kandungan protein, lemak dan kalori tersedia dala satu porsi daging merah. Daging merah juga mengandung Leucine asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses sintesis protein otot dan jaringan baru dalam tubuh. daging merah bisa anda dapatkan dari daging sapi, kambing dan sejenisnya. Warna merah disebabkan karena pigmen dari binatang tersebut. Dalam mengkonsumsi daging merah harus memperhatikan porsi yang anda konsumsi karena mengkomsi daging daging merah berlebih akan menyebabkan kolestrol tinggi dan penyakit jantung. Pastikan dalam mengkonsumsinya hanya satu porsi saja yaitu sebesar telapak tangan.

4. Alpukat


Selain rasanya yang enak Alpukat juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya menambah berat badan. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh, serat, kalium dan vitamin K. 1 buah alpukat yang anda konsumsi mengandung 200 kalori 29 gram lemak dan 17 gram serat. Anda bisa menambahkan susu kental manis untuk mendapatkan rasa yang lebih enak dan nutrisi yang lebih banyak.

5. Kacang Kacangan


Kacang merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang kurus untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satu kacangan yang baik untuk dikonsumsi adalah kacang almon. Dalam satu genggam kacang almon mengandung 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat karena kacang almon salah satu makanan yang padat akan kalori. Anda bisa menjadikannya cemilan dan kalori di dalam tubuh anda akan bertambah dengan ratusan kalori.

6. Ikan Salmon


Tidak hanya daging merah tapi daging putih yang berasal dari ikan dan unggas juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi untuk tubuh. Salah satunya yang terbaik adalah ikan salmon. Dalam 6 ons ikan salmon mengandung 240 kalori dan ikan salmon juga kaya akan lemak sehat. Ini bisa menjadi pilihan yang baik buat anda untuk mengingkatkan berat tubuh anda.

7. Telur


Telur dikenal dengan kandungan protein dan kelostrol yang baik dan merupakan sumber gizi yang tinggi. Jadi mengkonsumsi telur sangat baik buat anda yang mencoba mengubah kerempeng tubuh anda. Namun harus tetap mengkonsumsinya dalam kadar normal, karena mengkomsumsi makanan apapun yang dalam kadar berlebih tidak baik untuk tubuh.

8. Kentang


Kandungan gizi dalam kentang tidaklah bisa dianggap remeh. Kentang sering menjadi musuh bagi mereka yang sedang melakukan diet karena mengandung karbohidrat yang banyak. Padahal selain karbohidrat kentang banyak mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Banyak para pakar gizi menyarankan 45 % hingga 65 % kalori dalam tubuh disarankan berasal dari karbohidrat. Sedangkan dalam kentang ada 66-90% mengandung karbohidrat jadi anda bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari kentang.

Baca Juga : 10 Daftar Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Dan Menjaga Kesehatan Rahim Wanita

9. Buah Kering


Banyak orang menyangka ketika buah dikeringkan akan kehilangan nutrisi yang ada dalam buah tersebut. Ini anggapan yang salah justru buah kering seperti kismis dan kurma mengandung banyak kalori dan juga mengandung aktioksidan dan zat gizi mikro. Makanan ini cocok bagi yang menambah berat badan dan tidak cocok bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Buah kering merupakan cara yang enak untuk menambah bobot tubuh anda karena rasanya yang manis dan enak namun jangan mengkomsumsinya dalam jumlah lebih.

10. Coklat


Tidak hanya rasanya yang enak dan lezat, coklat juga banyak mengandung kebaikan untuk kesehatan untuk tubuh anda. Tidak hanya mengandung lemak, coklat juga mengandung kalori yang tinggi Setiap 100 gram coklat ada kandungan 600 an kalori dan nutrisi pendukung lainnya seperti serat, magnesium, karbohidrat dan senyawa baik lainnya. Kandungan vitaminnya juga banyak seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin C, D dan E.

Nah itulah informasi seputar daftar makanan yang bisa anda konsumsi untuk menaikkan bobot berat badan anda. Jangan putus asa untuk meraih tubuh impian anda, semuanya bisa anda dapatkan dengan mengatur pola hidup yang baik dan mengkomsumsi makanan yang baik. Jika perlu anda bisa meminta saran dengan dokter gizi untuk mendapatkan saran yang terbaik untuk tubuh kurus anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar