Skip to main content

10 Makanan Murah Meriah Yang Dapat memperlancar Sirkulasi Darah

Ciri peredaran darah yang tak lancar adalah dapat membuat seseorang mengalami beberapa gangguan kesehatan, diantaranya kesemutan, perubahan warna kulit, proses penyembuhan luka yang lama, rentan mengalami kram pada otot, kehilangan nafsu makan dan gangguan pada jantung. Sebaliknya, jika sirkulasi darah lancar dapat membawa oksigen mengalir ke beberapa bagian tubuh, melawan infeksi, penyakit dan membantu mengatur suhu tubuh.

7 Makanan Murah Meriah Yang Dapat memperlancar Sirkulasi Darah

Peredaran darah yang tidak lancar disebabkan oleh beberapa faktor, seperti mer*k*k, kelebihan berat badan, diabetes, penggumpalan darah dan penyakit arteri perifer. Untuk mengoptimalkan peredaran darah, salah satunya dengan menjaga pola makan dan mengurangi konsumsi lemak dan garam.

Baca Juga : 7 Ciri - Ciri Makanan Yang Tidak Layak Untuk Dikonsumsi

Makanan yang dapat memperlancar sirkulasi darah adalah makanan yang bebas dari kolestrol jahat dan memiliki manfaat untuk membersihkan arteri anda. Lantas, makanan apa saja yang dapat memperlancar sirkulasi darah? Nah, berikut dibawah ini dibawah ini beberapa makanan yang dapat melancarkan peredaran darah.

Makanan Yang Dapat memperlancar Sirkulasi Darah


1. Kunyit


Selain dapat mengobati beberapa penyakit, Kunyit juga merupakan bumbu dapur untuk melancarkan peredaran darah. Kunyit mengandung senyawa kurkumin, yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

2. Bawang Putih


Cara melancarkan peredaran darah secara alami adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih dapat merangsang aliran darah dan mengandung sifat anti-inflamasi serta anti-mikroba yang berfungsi menjaga proses pencernaan. Tidak hanya itu saja, bawang putih juga mengandung organosulful yang berfungsi membantu tubuh untuk melawan infeksi dan membuang racun. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih secara langsung atau dengan mencampurkannya pada masakan.

3. Alpukat


Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung lemak omega-3 yang cukup tinggi. Alpukat adalah buah untuk memperlancar peredaran darah. Selain dapat melancarkan peredaran darah, buah yang mempunyai tekstur yang lembut ini juga merupakan nutrisi baik untuk anda yang sedang menjalani diet. Alpukat dapat anda konsumsi dengan mengolahnya sebagai jus atau dengan mengkonsumsinya langsung.

4. Teh Hijau


Teh hijau kaya akan catechin, dimana senyawa tersebut terbukti dapat menurunkan penyerapan kolestrol dalam tubuh. Selain itu, kandungan alamiah dalam teh hijau juga membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Nah untuk selain relaksasi, teh hijau juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5. Lobak


Lobak kaya akan kandungan mineral, salah satunya kalium. Lobak dapat membantu menormalkan tekanan darah sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Meski tanaman ini mempunyai rasa yang agak pahit, namun manfaatnya sangat luar biasa. jadi, tidak heran jika lobak sering disebut sebagai tanaman obat melancarkan peredaran darah.

6. Ikan Salmon


Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Untuk memperlancar sirkulasi darah dan kesehatan jantung sangat dibutuhkan kandungan zat tersebut. kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon juga baik untuk menjaga alat vital bagi pria. Rutin mengkonsumsi ikan salmon dapat melancarkan peredaran darah ke alat vital.

Baca Juga : 7 Ciri - Ciri Makanan Yang Tidak Layak Untuk Dikonsumsi
Dalam

7. Cokelat Hitam


Cokelat hitam mengandung antioksidan dan membantu mengelola tekanan darah dan kadar kolestrol sekaligus menigkatkan aliran darah. Paduan rasa manis dan pahit pada cokelat hitam sangat digemari oleh banyak orang, terlebih oleh para wanita. Hal tersebut disebabkan karena cokelat hitam terbukti mampu mengembalikan suasana hati yang kurang mood. Nah selain rasanya yang enak, cokelat hitam juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Kacang Kacangan


Kacang kacangan juga sangat baik untuk memperlancar sirkulasi darah, utamanya di konsumsi dalam keadaan mentah karena kacang yang masak cendrung lebih asam. Salah satu kacang kacangan terbaik untuk manfaat ini adalah kacang almon dan kacang kenari yang banyak mengandung vitamin A, B, C dan E, magnesium dan zat besi yang semuanya sangat bermanfaat bagi lancarnya sirkulasi darah di tubuh anda.

9. Tomat


Siapa sangka sayuran yang harganya murah ini memiliki khasiat bisa yang luar biasa. Tomat memiliki kandungan yang dapat mengurangi aktifitas enzim yang menjadi penyebab pengerutan pada pembuluh darah. Penelitian mengungkapkan bahwa tomat dapat memperlebar pembuluh darah jika pembuluh darah lebar otomatis sirkulasi darah juga akan semakin lancar.

10.  Kayu Manis

Rempah yang satu ini memang sering menjadi campuran jamu untuk menghangatkan tubuh, memang kayu manis memiliki banyak kahsiat diantaranya dapat memperlancar peredaran darah. Efek panas yang ada pada kayu manis juga dapat melemaskan pembuluh darah dan mempengaruhi tekanannya. Anda bisa membuat minuman hangat dengan kayu manis dan anda akan merasakan tubuh anda akan lebih nyaman dari sebelumnya.


Cara lain untuk memperlancar aliran darah adalah menggunakan air panas, namun lebih tepatnya air hangat. Berendam dengan menggunakan air hangat merupakan terapi alami untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu, mengkonsumsi suplemen untuk melancarkan peredaran darah juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar