Skip to main content

10 Makanan Untuk Menurunkan Asam Urat Dan Kolestrol

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Sedangkan kolestrol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Penyakit asam urat dapat menyebabkan kristal pada sendi. Penderita penyakit ini biasanya mendadak terasa nyeri, bengkak, kaku dan panas. Kolestrol dapat meningkatkan beberapa resiko penyakit seperti, diabetes, stroke, hipertensi dan jantung. Tingginya asam urat dan kolestrol dapat menyebabkan penyakit komplikasi.

Selain mengkonsumsi beberapa obat, hal yang paling penting yang harus dilakukan dalam mengatasi asam urat dan kolestrol adalah dengan menjaga pola makan yang kita konsumsi dalam setiap harinya. Menjaga pola makanan sehat bagi penderita asam urat dan kolestrol dapat meminimalkan serangan dan membatasi tingkat keparahan dari penyakit tersebut.

Ada beberapa menu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolestrol. Ketika menderita suatu penyakit memang kita harus sedikit melakukan pengorbanan, salah satunya adalah harus rela menjauhi makanan yang mungkin menjadi favorit kita, namun ternyata makanan tersebut tidak baik untuk dikonsumsi disebabkan oleh penyakit yang sedang kita derita.

10 Makanan Untuk Menurunkan Asam Urat Dan Kolestrol

Makanan untuk menurunkan asam urat dan kolestrol adalah makanan atau sayuran yang rendah purin dan kaya akan vitamin C. Sebaliknya bagi penderita kedua penyakit ini dilarang atau merupakan pantangan untuk mengkonsumsi seperti, alkohol, makanan manis, makan terong serta makanan yang kaya akan purin seperti, seafood, kacang - kacangan dan daging. Dan berikut adalah daftar makanan yang dapat menurunkan asam urat dan kolestrol.

10 Makanan Untuk Menurunkan Asam Urat Dan Kolestrol


1. Pisang


Pisang adalah buah yang mempunyai tekstur yang sangat lembut dan mengandung rendah gula namun tinggi akan kandungan alkali dan menjadi sumber kalium, sehingga sangat efektif untuk turunkan asam urat dan mengurangi kadar kolestrol.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya

2. Ikan Salmon


Ikan salmon adalah ikan yang boleh dimakan penderita asam urat karena ikan tersebut mengandung purin yang rendah. Selain dapat menurunkan kadar asam urat, ikan salmon mengandung lemak omega-3. Yang mana kandungan lemak tersebut sangat penting untuk menurunkan kadar kolestrol.

3. Wortel


Wortel adalah jenis sayuran yang mengandung rendah purin. Oleh sebab itu, bagi penderita asam urat disarankn untuk lebih banyak mengkonsumsi wortel. Baik itu dalam bentuk sayur maupun yang sudah diolah menjadi jus.

4. Teh Hijau


Teh hijau bukan hanya minuman untuk mereka yang sedang menjalankan diet, melainkan juga anjuran bagi penderita asam urat. mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat mengontrol kadar asam urat serta menurunkan resiko terkena asam urat.

5. Brokoli


sayuran yang boleh dimakan penderita asam urat dabn tinggi kolestrol salah satunya adalah brokoli. Brokoli adalah sayuran yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga sayuran ini sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat.

6. Alpukat


Salah satu manfaat alpukat adalah sebagai penurun kolestrol jahat dan melawan kadar asam urat dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus yang sangat menyegarkan.

7. Apel


Apel mengandung asam malat yang mampu membantu mengeluarkan kadar asam urat melalui urin. Sedangkan pektin yang terkandung dalam buah apel dapat menghambat proses oksidasi kolestrol. dengan rutin mengkonsumsi apel setelah makan jumlah kolestro dan asam urat dalam tubuh akan berkurang secara perlahan.

8. Minyak Biji Rami


Minyak biji rami mengandung 55% asam lemak omega-3 dan 45% serat, dan juga mengandung kalium yang cukup tinggi. Dengan beberapa kandungan tersebut, minyak biji rami sangat efektif untuk turunkan kolestrol dan asam urat.

9. Bayam


Banyak yang bertanya bolehkah penderita asam urat dan kolestrol mengkonsumsi bayam? Memang bayam merupakan sayuran yang mengandung purin, akan tetapi purin yang terkandung dalam bayam aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

Baca Juga : 10 Makanan Murah Meriah Yang Dapat memperlancar Sirkulasi Darah

10. Ceri


Selain apel, ceri juga merupakan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolestrol. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa kandungan alami pada buah ini mampu menurunkan kadar asam urat serta menurunkan kolestrol jahat. Selain itu, buah ceri juga bisa mengurangi resiko penyakit stroke dan jantung.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat yang tentunya bebas dari berbagai penyakit, jangan lupa untuk rutun berolah raga setidak 30 menit setiap hari. Dengan selalu menjaga pola makan yang sehat dan diiringi dengan berolah raga, maka tubuh kita akan aman dari asam urat dan kolestrol jahat.

Melakukan pemeriksaan secara rutin ke dikter sangat baik untuk dilakukan. Dengan demikian kita lebih mengetahui kadar asam urat dan kolestrol dalam tubuh kita. Selain kita akan lebih berhati - hati dalam memilih makanan. Ingat pencegahan lebih utama dari pada mengobati.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar