Skip to main content

10 Pantangan Bagi Penderita Asam Urat Yang Tidak Boleh Diabaikan

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini disebabkan oleh kandungan purin yang menumpuk, sehingga menyebabkan otot menjadi kaku dan pegal. Rasa sakit pada persendian yag diakibatkan oleh penyakit asam urat sangat menyiksa serta mengganggu bagi penderitanya untuk melakukan aktivitas.

Salah satu pantangan atau penyebab asam urat adalah asupan makanan yang tidak sehat. Makanan pantangan untuk asam urat adalah makanan yang banyak mengandung purin. Pasalnya, asam urat merupakan produk sampingan dari purin, sedangkan purin banyak ditemukan di berbagai jenis makanan.

Pantangan bagi penderita asam urat yang tidak boleh diabaikan dan mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia memanglah harus menghindari makanan yang menjadi pemicu terhadap munculnya penyaikit tersebut. Untuk itu, sangat penting untuk megetahui  jenis makanan  yang boleh dimakan atau makanan yang merupakan larangan bagi penderita asam urat dan kolestrol. Berikut di bawah ini adalah daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolestrol.

10 Pantangan Bagi Penderita Asam Urat Yang Tidak Boleh Diiabaikan


Baca Juga : 10 Makanan Untuk Menurunkan Asam Urat Dan Kolestrol

10 Pantangan Bagi Penderita Asam Urat Yang Tidak Boleh Diabaikan


1. Seafood



Salah satu jenis makanan yang bnayak mengandung purin adalah makanan laut. Untuk itu, bagi penderita asam urat sebaiknya hindari makanan dari laut, seperti kepiting, cumi - cumi, udang, tiram dan remis.

2. Durian



Selain makanan yang banyak mengandung purin, penderita asam urat juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Durian merupalkan salah satu buah yang banyak mengandung lemak, ethanol, ethyl serta senyawa sulfur yang cukup membayakan bagi kesehatan tubuh manusia. Meski durian merupakan buah yang memiliki banyak penggemar, namun bagi penderita asam urat harus rela untuk tidak mengkonsumsinya.


3. Daging


Daging adalah makanan yang mengandung tinggi puin dan kolestrol, karenya bagi penderita asam urat tidak boleh mengkonsumsi daging. Pada nyatanya daging merupakan makanan lezat serta dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti bakso, sosis dll. Banyak yang bertanya bolehkah penderita asam urat makan bakso atau sejenisnya? Jika bakso tersebut berbahan dasar daging, tentu tidak boleh, karena dapat membahanyakan terhadap kesehatannya.

4. Kacang - Kacangan


Sejatinya kandungan vitamin serta lemak pada kacang - kacangan sangat baik untuk kesehatan tubuh. namun sepanjang orang tersebut tidak menderita penyakit asam urat. Pasalnya, mengkonsumsi kacang - kacangan bagi penderita asam urat dapat menyababkan tingginya jumlah purin dalam tubuh. Yang mana kandunga purin mempunyai dampak negatif bagi penderita asam urat.


5. Nangka


Selain durian, nangka juga merupakan buah yang tiak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Nangka mengandung tinggi purin. Purin yang terkandung dalam nangka juga mengganggu fungsi ginjal. Sehingga penumpukan purin tersebut selain dapat mengakibatkan asam urat juga menjadi penyebab batu ginjal.

6. Kembang Kol


Kembang kol adalah sayuran untuk tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kembang kol biasanya disajikan sebagai bahan lalapan. kembang kol adalah sayuran tinggi purin yaitu 51 gram per 100 gram. oleh karenanya, bagi penderita asam urat untuk tidak mengkonsumsi sayuran ini.

7. Jamur


Jamur tidak hanya digunakan sebagai sayuran saja, melainkan jamur juga dapat diolah menjadi kripik yang sangat renyah. Jamur memang memiliki kandungan beberapa vitamin, seperti vitamin A, B-6, B-12, kalium, zat besi dan serat. Namun dibalik kandungan tersebut, jamur juga mengandung tinggi purin, sehingga jamur merupakan anjuran makanan untuk tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat.

8. Masakan Bersantan


Sebagaiman yang telah kita ketahui, jika santan mengandung lemak tinggi. Makanan yang mengandung banyak lemak merupakan makananyang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Meski santan dapat menambah nikmat terhadap cita rasa makanan, namun sebaiknya dijauhi oleh mereka yang menderita  asam urat dan kolestrol.

Baca Juga : Mengenal Asam Urat, Penyebab, Dan Cara Pengobatannya


9. Ikan Kod


Jika anda mencari ikan yang boleh dimakan oleh penderita asam urat, jawabannya adalah ikan kod. Ikan kod dikenal akan tingginya kandunagan asam lemak omega 3, minyak hati an berbagai macam vitamin. Meski ikan ini mengandung purin, namun purin yang terkandung dalam ikan ini tidak terlalu tinggi, sehingga masih bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat.

10. Makanan Olahan


Makanan olahan seperti di goreng, dibakar, dipanggang memang menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Namun bagi penderita asam urat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan olahan. Jenis makanan tersebut mengandung tinggi purin, sehingga dapat menimbulkan asam urat atau memperparah terhadap adanya penyakit tersebut.

Demikianlah makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Selain tidak mengkonsumsi beberapa makanan yang telah kami sebutkan diatas, juga dianjurkan untuk rutin berolah raga, setidaknya 30 menit dalam setiap hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar