Skip to main content

Cara Merubah Huruf Kecil Ke Huruf besar Atau Kepital Di Excel Dengan Mudah


Apakah anda sudah terlanjur mengetik huruf kecil pada di excel lalu ternyata anda menginginkan huruf besar? Nah ini bisa menjadi masalah bagi sebagian orang karena mengubah bentuk huruf di excel memang tidak tersedia layaknya di microsoft word Change Case . Namun anda tidak usahlah bingung karena kami akan mengajari anda bagaimana cara merubahnya.

Untuk mengubah huruf di excel harus menggunakan rumus. Ada tiga rumus yang bisa anda gunakan yaitu :

  1. LOWER : yang berfungsi mengubah huruf besar atau capital menjadi huruf kecil contoh, SULAIMAN menjadi  sulaiman
  2. UPPER : Sebaliknya, yaitu berfungsi mengubah huruf kecil menjadi huruf besar/capital contoh, sulaiman menjadi SULAIMAN
  3. PROPER Berfungsi untuk mengubah semunya baik huruf kecil maupun besar menjadi huruf dengan capital pada huruf depan contoh, SULAIMAN/sulaiman menjadi Sulaiman


Ini sangat bermanfaat jika anda mengetik nama nama penerima undangan untuk digunakan mail marger atau mengubah daftar daftar. Caranya sangat mudah tinggal anda masukkan rumus yang anda kehendaki dan jangan lupa dalam menulis rumus pada excel harus dimulai dengan huruf sama dengan.

Baca Juga :


Langkah langkahnya sebagai berikut,

1. Pertama silahkan perhatikan daftar alamat pada kolom (B) semuanya masih menggunakan huruf kecil dan anda ingin mengubahnya menjadi capital, silahkan anda ketik rumus pada bagian kolom sebelahnya (Kolom C2) misalnya = UPPER(klik bagian yang akan dirumah (B2) kolom B baris 2.


2. Setelah berumah anda tidak perlu mengetik rumus lagi, silahkan arahkan kursor pada bagian pojok kanan hingga kursor berubah menjadi tanda +, kemudian anda drag atau klik 2 kali hingga ke bagian akhir ketikan dan semuanya sudah berubah menjadi capital.


3. Selanjutnya silahkan anda copy dengan melakukan blok terlebih dahulu semua yang sudah menjadi huruf besar.

4. Kemudian klik kanan pada pada B2 kemudian pilih paste special dan klik pada bagian value dan oke, maka semuanya akan terpaste. Jika anda melakukan copy biasanya maka tidak bisa hanya tidak akan muncul.


Cara Mengubah Tanpa Menggunakan Rumus


Apakah bisa mengubahnya tanpa menggunakan rumus? Saat inipun kami belum menemukan cara merubahnya karena memang excel tidak menyediakannya kalau ini sulit bagi anda kami memiliki trik dengan memanfaatkan MS Word untuk mengubahnya simak terus ulasan kami sampai akhir. Caranya simak langkah berikut :

1. Copy semua kata yang ingin anda rumah menjadi huruf kapital
2. Buka Office Word dan klik kanan paste, kemudian blok semua kata kata tersebut lalu klik Chnge Case dan pilih UPPERCASE.


3. Setelah itu copy kembali dan pastekan pada Excel kembali.

Nah itulah yang bisa kami jelaskan mengenai tentang cara merubah huruf di Excel semoga panduan ini bermanfaat bagi anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar