Skip to main content

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada semua sendi di bagian tubuh. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada sendi di bagian ujung jari di kaki, pergelangan tangan dan lutut. Da usia yang paling rentan terkena asam urat umumnya diatas tiga puluh tahun.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat


Seseorang yang mengalami penyakit asam urat akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada sendinya. Dan tak jarang rasa sakit tersebut disertai dengan pembengkakan. Karena disebabkan oleh proses peradangan, maka sendi berubah menjadi kemerahan. Sedangkan faktor yang menjadi penyebab akan tingginya kadar asam urat diantaranya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, pengaruh penyakit, gangguan metabolisme, mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, dan efek samping pengobatan jangka panjang.

Asam urat akan terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam yang memecah purin dalam makanan. Pada kondisi radang sendi asam urat mulai terasa pemijatan tidak boleh dilakukan, sehingga mengkonsumsi obat asam urat menjadi alternatif utama. Obat asam urat dapat anda dapatkan langsung dari dokter atau membelinya di apotik. Namun selain itu, pengobatan secara alami dengan mengambil khasiat dari tumbuhan terbilang lebih efektik, karena minim akan efek samping.

Cara mengobati asam urat secara alami harus dilakukan dengan cara rutin dan telaten. Karena efek dari pengobatan tersebut tidak langsung dirasakan dan perlu waktu untuk proses penyembuhan. Nah, lalu bahan apa sajakah yang dapat kita gunakan untuk mengurangi tingginya kadar asam urat? Berikut beberapa obat asam urat tradisional yang paling ampuh.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat


1. Jahe


Jahe merupakan bumbu dapur sekaligus dapat membantu mengobati asam urat. Caranya, kita dapat mengkonsumsi dengan mencampurkan air mendidih dengan 2 sendok teh jahe bubuk. Nikmati 3 gelas setiap hari. Cara lainnya adalah dengan cara merebus 1 sendok jahe parut dan direbus sampai mendidih. Selanjutnya rendamlah waslap pada rebusan jahe tersebut dan tempelkan pada bagian yang sakit selama 15-30 menit setiap hari.

2. Seledri


Daun seledri biasa kita campurkan pada masakan sup atau sejenisnya untuk menambah aroma pada masakan tersebut. Karena sebagaimana yang telah kita ketahui, jika seledri mempunyai aroma yang sangat khas dan fresh. Selain itu, seledri juga bermanfaat untuk mengobati asam urat. Untuk pengobatan asam urat, anda dapat mengolah seledri menjadi jus, kemudian minum secara rutin setiap hari.

Baca Juga : 10 Gejala Kalau Anda Sedang Terkena Asam Urat

3. Kunyit


Merasakan nyeri pada sendi bagian kaki atau di area lainnya, memang sangat mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu, secepat mungkin kita harus mengatasinya. Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur dan mempunyai segudang manfaat dalam masalah kesehatan, salah satunya untuk mengatasi asam urat. Kandungan curcumin pada kunyit sebagai antiradang dan dapat mengatasi nyeri yang diakibatkan asam urat.


4. Air Putih


Air putih dapat dikatakan sebagi obat terampuh untuk semua penyakit. Tanpanya cairan dalam tubuh tidak mungkin terpenuhi dengan baik. Dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih, maka tubuh lebih banyak mengonsumsi urine. Kondisi ini akan membuang asam urat lebih banyak melalui urine dan tidak menumpuk di dalam tubuh.

5. Pisang


Pisang adalah buah yang mempunyai tekstur yang sangat lembut, kaya akan kalium dam vitamin C. Beberapa kandungan tersebut dapat mengubah kristal asam urat yang mengendap di sendi menjadi cair dan dikeluar oleh tubuh lewar urine. Cukup anda mengkonsumsi 1 - 2 buah pisang setiap hari, maka akan sangat membantu mengatasi asam urat.

6. Apel


Apel mengandung asam malat, yang mana kandungan tersebut akan membantu menetralkan asam urat sekaligus mengurangi rasa sakit. Untuk mengkonsumsi apel, anda dapat memakannya langsung atau mengolahnya menjadi jus. Apel baik dikonsumsi setelah makan, setidaknya 1 buah apel dalam sehari.

7. Air Dingin


Dari dulu air dingin dipercaya dapat mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan. Asam urat yang terasa nyeri dan bengkak dapat atasi dengan mengompres menggunakan air dingin melalu handuk sekitar 15 menit. Selain itu, anda juga dapat  merendam bagian sendi yang terasa sakit dengan menggunakan air dingin selama 10 - 15 menit setiap hari.

8. Baking Soda


Baking soda dapat membantu menurunkan kadar asam urat tinggi yang mengendap di sendi serta mengurangi rasa sakit. Caranya, campurkan setengah sendok baking soda pada segelas air, aduk hingga rata, selanjutnya minum campuran ini empat kali dalam sehari, dan lakukan cara ini selama 2 minggu.

9. Jus Lemon


Selanjutnya adalah jus lemon. Jus lemon memang terkenanl akan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Jus lemon dapat menetralkan kelebihan asam urat dalam aliran darah. Caranya, campurkan jus lemon dengan satu setengah sendok teh baking soda dan biarkan beberapa detik sampai busanya menghilang, kemudian campurkan pada segelas air, aduk dan segera diminum.

Baca Juga : 10 Makanan Untuk Menurunkan Asam Urat Dan Kolestrol

10. Bunga Sepatu


Mungkin selama ini kita hanya mengenal bungan sepatu hanya sebatas tanaman hias, namun siapa sangka jika tanaman ini bermanfaat untuk atasi asam urat serta menghilangan rasa sakit.

Berbagai obat asam urat di atas dapat anda jadikan sebagai solusi pada saat merasakan gangguan asam urat dan merasakan nyeri. Karena selain mudah ditemukan, juga aman untuk dikonsumsi dalam setiap harinya.

Semua jenis pengobatan tentunya membutuhkan waktu dalam prosesnya dan tidak ada yang instan. Jadi, dalam pengobatan ini tekad dan kesabaran sangat dibutuhkan. Selain mengkonsumsi obat asam urat tradisional dan pentangannya harus kita ketahui dan jangan diabaikan. Agar pengobatan yang telah kita lakukan tidak sia - sia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar