Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes Agar Tidak Bertambah Parah

Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes - Melaksanakan puasa di bulan Romadhan merupakan suatu kewajiban bagi umat islam. Dalam melaksanakan ibadah tersebut, tidak hanya nilai ibadah yang akan kita dapatkan, melainkan juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah dapat membuang racun dalam tubuh.

Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes Agar Tidak Bertambah Parah


Saat kita melaksanakan puasa, hampir sehari penuh tidak ada makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Pada kondisi tersebut merupakan waktu yang tepat bagi mencernaan untuk beristirahat, sehingga tubuh lebih fokus pada pembuangan racun. Namun, apakah dalam kondisi berpuasa baik untuk untuk penderita diabetes? Dan apa itu penyakit gula darah?

Penderita diabetes saat melaksanakan puasa memang lebih beresiko untuk naik atau kurangnya kadar gula darah tubuh. Hal ini yang menyebabkan bagi penderita diabetes mengalami komplikasi diabetes, seperti dehidrasi, hiperglikemia, ketoasidosis diabetik, hipoglikemia. Akan tetapi kondisi tersebut dapat dihindari dengan beberapa cara yang dapat anda lakukan.

Tips berpuasa bagi penderita diabetes bertujuan untuk menstabilkan kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian berpuasa bukanlah hal yang harus dihindari bagi penderita diabetes, bahkan sebaliknya, berpuasa akan mendatangkan efek positif bagi yang menjalanannya. Berikut beberapa tips berpuasa bagi penderita diabetes yang wajib anda ketahui.


Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes Agar Tidak Betambah Parah


1. Minum air putih yang cukup

Puasa sembuhkan diabetes bukanlah perkara yang tidak mungkin. Dengan kita melakukan segala sesuatu sesuai dengan aturan kesehatan, hal tersebut menjadi sangat mungkin terjadi. Salah satunya dengan cukup mengkonsumsi air putih. Sebagaimana biasanya, puasa memang membuat kita dehidrasi, hal tersebut disebabkan karena selama seharian kita tidak mengkonsumsi apa pun. Untuk anda yang menderita diabetes, lebih baik menghindari banyak mengkonsumsi gula dan mengganti cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih saja.

2. Hindari Gorengan dan Makanan Yang Terlalu Manis


Penyebab gula darah naik drastis salah satunya karena kita terlalu banyak mengkonsusmi makanan manis dan mengkonsumsi gorengan. Gorengan adalah jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Dengan kita tidak membatasi jumlah konsumsinya, maka timbunan lemak dalam tubuh kita akan terus bertmbah. Hal tersebut sangat membahayakan untuk kesehatan. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang terlalu manis juga dapat membuat kadar gula dalam darah tidak stabil. Jadi, cara ini merupakan cara cek gula darah puasa secara alami.

3. Jangan Lewatkan Makan Sahur


Bagi penderita diabetes, makan sahur merupakan cara tepat untu mencegah terjadinya kadar gula trun secara drastis (Hipoglikemia). Dengan makan sahur cadangan energi dalam berpuasa akan cukup.

4. Pilihan Jenis Asupan


Memilih jenis asupan bagi penderita diabetes selama menjalankan puasa sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut tentu saja untuk menghindari kelebihan gula darah atau sebaliknya. Oleh sebab itu, pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat layak dicermati. Pilihlah sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, buah, jagung, sayur, dan umbi. Dan hindari karbohidrat olahan, seperti mie instan, sereal, dan nasi putih.

5. Waspadai Gejala Gula Darah Rendah


Untuk penderita disbetes, tidak hanya naiknya gula darah saja yang harus diperhatikan. Terkadang dari hati - hatinya dalam memilih makanan dan mengurangi makanan manis secara signifikan dapat membuat gula darah rendah. Gejala gula rendah biasanya ditandai dengan munculnya kerngat dingin, gemetar, pusing. Jika kondisi tersebut terjadi sebaiknya batalkan puasa dan konsumsilah makanan atau minuman manis yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

6. Rutin Berolah Raga


Bagi penderita diabetes berolah raga memang harus rutin untuk dilakukan, akan tetapi hal tersebut tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Karena olag raga secara berlebihan bagi penderita diabetes dapat mengakibatkan hipoglikemia atau turunnya kadar gula darah. Jadi, harus benar - benar diperhatikan bentuk olah raga dan waktunya.

7. Perisakan Gula Darah Secara Teratur


pemeriksaan gula darah tidak harus mengunjungi doter. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan cara membeli sendiri alat pengukur darah, dan anda dapat mengeceknya 3 - 5 kali dalam sehari. Pengecekan gula darah sangat penting untuk dilakukan, karena dengan demikian anda dapat mengetahui kondisi gula darah apakah naik ataukah menurun dan gula darah tinggi belum tentu diabetas. Jadi, lakukan pengecekan secara rutin.

Puasa memang menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit, namun jika asupan makanannya sesuai dengan kondisi tubuh. Pernahkah anda mendengar tentang kisah penderita diabetes yang sembuh karena berpuasa. Dan semoga artikel ini memberikan manfaat untuk semua.
LihatTutupKomentar
Cancel